Info

Berisiko Kebal dari Vaksin Covid-19, WHO Pantau Varian Mu dari Kolombia!

WHO memantau varian virus corona baru, varian Mu yang diduga kebal dari vaksin Covid-19.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi virus corona Covid-19, varian virus corona (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi virus corona Covid-19, varian virus corona (Suara.com/Shutterstock)

Himedik.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sedang memantau varian virus corona baru , yakni varian Mu. Varian Mu ini pertama kali ditemukan di Kolombia pada Januari 2021 lalu.

Secara ilmiah, WHO mengatakan varian Mu dikenal sebagai varian B.1.621 yang telah diklasifikasikan sebagai variant of interest (VOI).

WHO mengatakan varian virus corona itu memiliki mutasi yang menunjukkan risiko resistensi terhadap vaksin Covid-19 dan menekankan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahaminya.

"Varian Mu memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan," kata WHO dikutip dari Channel News Asia.

Ada kekhawatiran meluas atas munculnya mutasi virus corona baru karena tingkat infeksi virus corona Covid-19 kembali meningkat secara global. Apalagi varian Delta yang sangat menular, terutama di antara orang yang belum vaksinasi.

Ilustrasi virus Corona Covid-19, varian virus corona, varian Mu. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19, varian virus corona, varian Mu. (Dok. Envato)

Pada umumnya, semua virus, termasuk virus corona Covid-19 pasti bermutasi dari waktu ke waktu. Sebagian besar besar mutasi memiliki sedikit atau tidak berpengaruh pada sifat virus.

Tapi, mutasi tertentu bisa memengaruhi sifat-sifat virus dan seberapa mudah virus itu menyebar, tingkat keparahan infeksi, ketahanannya terhadap vaksin Covid-19, obat-obatan dan tindakan pencegahan lainnya.

Sekarang ini, WHO sudah mengidentifikasi 4 varian virus corona Covid-19 yang menjadi perhatian, termasuk varian Alpha yang ada di 193 negara dan varian Delta di 170 negara.

Jadi, lima varian virus corona harus dipantau, termasuk varian Mu. Setelah terdeteksi di Kolombia, varian Mu telah dilaporkan di negara-negara Amerika Selatan lainnya dan di Eropa.

WHO mengatakan prevalensi globalnya telah menurun hingga di bawah 0,1 persen di antara kasus-kasus berurutan. Di Kolombia, varian virus corona Mu mencapai 39 persen.

Berita Terkait

Berita Terkini