Info

Jangan Abaikan Sakit Kepala Saat Bangun Tidur, Ini 5 Penyebabnya!

Ada beberapa penyebab sakit kepala saat bangun tidur yang tidak boleh diabaikan.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi sakit kepala. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi sakit kepala. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Beberapa orang pasti pernah mengalami sakit kepala saat bangun tidur. Sakit kepala adalah kondisi yang bisa membuat Anda kesulitan konsentrasi ketika beraktivitas.

Terkadang, Anda harus diam sejenak atau kembali tidur untuk meredakan sakit kepala. Tapi, sakit kepala ketika bangun tidur ini seharusnya tidak diabaikan.

Jika sakit kepala ketika bangun tidur terjadi secara teratur dan Anda tidak bisa mengatasinya. Dilansir dari Express, ada 5 penyebab paling umum sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari.

1. Stres

Tekanan pekerjaan di akhir pekan bisa membuat sakit kepala berdenyut-denyut ketika bangun tidur di pagi hari. Karena, otak Anda berjuang untuk menyesuaikan diri dengan penurunan hormon stres.

Saat Anda rileks, tingkat hormon stres menurun dan terjadi pelepasan neurotransmitter cepat, pembawa pesan kimiawi otak untuk memberi tahu Anda waktunya bersantai.

NHS menyarankan semua orang untuk lebih bersantai sedikit dan lebih sering dari beban pekerjaan selama seminggu, sehingga stres tidak menumpuk.

Ilustrasi sakit kepala (shutterstock)
Ilustrasi sakit kepala (shutterstock)

2. Dehidrasi

NHS merekomendasikan semua orang untuk minum air putih sebanyak 6 hingga 8 gela setiap harinya.

Jika Anda minum air kurang dari itu, Anda mungkin akan mengalami sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari.

Jadi, cobalah minum air putih dengan cukup karena itu bisa menyebabkan sakit kepala menyakitkan.

Bahkan, minum air dalam jumlah cukup bisa membuat kulit lebih cerah dan mengurangi nafsu makan.

3. Menggertakan gigi

Kebiasaan menggertakan gigi dan mengatupkan kedua rahang akibat stres atau kecemasan bisa menyebabkan sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari.

Kebanyakan orang tidak menyadari melakukan hal ini di malam hari. Jika Anda mengalami sakit kepala disertai sakit rahang, itu mungkin disebabkan oleh kebiasaan menggertakan gigi ketika tidur.

4. Minum alkohol

Kebiasaan minum alkohol sampai mabuk bisa menyebabkan sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari. Obat penghilang rasa sakit, minum banyak cairan dan elektrolit bisa membantu mengatasi mabuk.

5. Makanan

Jika Anda menderita migrain atau sakit kepala, dokter akan merekomendasikan Anda mengesampingkan makanan yang bisa menjadi pemicu.

Beberapa makanan yang bisa memicu migrain, termasuk keju, minuman bersoda, coklat hitam, daging dan ikan olahan.

Anda bisa membuat buku harian untuk mencatat makanan yang dikonsumsi setiap harinya, sehingga Anda bisa mendeteksi makanan yang menyebabkan sakit kepala berdenyut-denyut.

Berita Terkait

Berita Terkini