cancel

Data COVID-19 Indonesia

Positif -
Dirawat -
Sembuh -
Meninggal -
Sumber data: kawalcovid19.id Lihat Detail
Sabtu, 20 Agustus 2022

Tak Melulu Nyeri Dada, Kenali Tanda Serangan Jantung yang Perlu Diwaspadai!

Tanda serangan jantung pada perempuan umumnya lebih halus.

Rosiana Chozanah
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)
Ilustrasi serangan jantung - (Shutterstock)

Himedik.com - Angka kejadian penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular) semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan setidaknya 15 dari 1.000 orang (4,2 juta orang) menderita penyakit kardiovaskular, dan 2.784.064 di antaranya penyakit jantung.

Bertentangan dengan kepercayaan populer, nyeri dada tidak selalu dirasakan selama serangan jantung.

Ilustrasi nyeri dada, serangan jantung. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi serangan jantung. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Menurut direktur Women's Heart Health Clinic di Loma Linda University International Heart Institute, Purvi Parwani, seseorang harus mencari pertolongan medis jika mengalami gejala berikut:

Namun, ahli jantung di Pacific Heart Institute, Richard Wright, mengatakan gejala paling awal seringkali terasa lebih halus pada wanita dan orang lanjut usia.

Berdasarkan Insider, wanita lebih mungkin mengalami mual, sesak napas, gangguan pencernaan, kelalahan yang tidak biasa, dan keringat dingin ketika terkena serangan jantung. Sebab, mereka seringnya mengalami penyumbatan di pembuluh darah yang lebih kecil.

Umumnya, wanita mengalami gejala serangan jantung pertama pada usia sekitar 72 tahun, sementara laki-laki mendekati 65 tahun.

Terkait

Terkini