Wanita

Cegah Kanker Payudara dengan Enam Cara Ini, Mudah kok!

Kanker payudara menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Berikut ini ada enam cara mencegah kanker payudara. Yuk disimak!

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kanker payudara/pexels
Kanker payudara/pexels

Himedik.com - Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang ditakuti wanita. Bahkan kanker ini bukan hanya menyerang wanita tapi juga pria.

Salah satu gejala kanker payudara adalah adanya benjolan yang terdapat di sekitar area payudara yang kadang disertai dengan rasa nyeri.

Kanker payudara bisa dicegah dengan beberapa tips berikut, dilansir dari mayoclinic.

1. Tanyakan pada dokter tentang skrining kanker payudara.

Konsultasi dengan dokter kapan harus memulai pemeriksaan dan tes skrining kanker payudara, misalnya pemeriksaan payudara klinis dan mammogram. Jangan lupa tanyakan pada dokter tentang manfaat dan risiko skrining ya.

Ilustrasi/pexels
Ilustrasi/pexels

2. 'Akrab' dengan payudaramu

Rutin periksa payudaramu ya. Ini berguna sebab jika muncul benjolan atau tanda-tanda lain kamu bisa langsung konsultasi ke dokter.

Cara ini tak bisa mencegah kanker payudara tapi pemeriksaan payudara sendiri bisa bantu kamu memahami perubahan yang dialami payudara serta bisa mengidentifikasi tanda yang tak biasa.

3. Stop minum alkohol dan olahraga yang rutin

Batasi alkohol yang kamu minum, bila perlu berhenti dari kebiasaan itu. Kamu juga perlu berolahraga setiap hari setidaknya 30 menit. Kamu bisa mulainya perlahan jika selama ini kamu jarang olahraga.

4. Batasi terapi hormon pasca menopause.

Terapi kombinasi hormon dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Untuk mengurangi risiko kanker payudara, gunakan terapi hormon dosis serendah mungkin untuk waktu yang paling singkat. Konsultasikan dengan dokter untuk masalah ini.

5. Pertahankan berat badan yang sehat

Jika kamu kelebihan berat badan, tanyakan pada dokter cara terbaik untuk turunkan berat badanmu. Kurangi jumlah kalori yang kamu makan setiap hari dan perlahan tingkatkan olahraga.

6. Pilih diet sehat

Pilih diet sehat misalnya makanan nabati seperti buah-buahan dan sayuran, biji-bijian serta kacang-kacangan. Beralihlah ke lemak sehat misalnya minyak zaitun, mentega, dan ikan.

Sudah tahu kan sekarang gimana cara mencegah kanker payudara? Kamu bisa mulai dari sekarang ya, girls.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini