Wanita

Empat Daftar Makanan Mentah yang Wajib Dihindari Bumil

Makanan mentah dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur hingga keguguran.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi ibu hamil. (pixabay)
Ilustrasi ibu hamil. (pixabay)

Himedik.com - Bumil atau ibu hamil membutuhkan asupan makanan kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin. Meski demikian, bumil harus cermat dalam memilah makanan yang dikonsumsi.

Pasalnya ada beberapa jenis makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil, salah satunya adalah makanan mentah. Hal ini karena makanan setengah matang atau mentah dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur hingga keguguran.

1. Ikan

Kalau kamu doyan sushi, sebaiknya hindari dulu konsumsi sushi selama masa kehamilan. Bahan dasar sushi adalah ikan mentah dan berisiko mengandung bakteri listeria.

Perlu kamu tahu, infeksi bakteri tersebut dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur, janin meninggal dalam kandungan, hingga keguguran.

Sushi dari ikan mentah. (pixabay)
Sushi dari ikan mentah. (pixabay)

 

2. Kecambah

Kecambah terkadang memang lebih nikmat disantap mentah. Sama halnya seperti ikan mentah, kecambah mentah berisiko terpapar bakteri sehingga dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur hingga keguguran.

3. Telur

Telur kaya akan protein. Sayangnya, banyak hidangan di tempat makan yang menyajikan telur setengah matang atau bahkan mentah.

Jadi buat kamu yang lagi hamil, hindari sajian telur setengah matang dan mentah karena hal tersebut juga dapat meningkatkan risiko bayi lahir prematur.

Sajian telur setengah matang. (pixabay)
Sajian telur setengah matang. (pixabay)

 

4. Seafood

Siapa sih yang tak suka seafood? Sayangnya, selama masa kehamilan, kamu harus berhati-hati dengan olahan seafood yang tidak dimasak dengan sempurna (setengah matang).

Hal ini dikhawatirkan seafood yang diolah terpapar virus, bakteri, atau racun, sehingga dapat sebabkan keracunan makanan dan mengganggu kehamilan.

Sebenarnya apapun makanannya, jika disajikan dalam keadaan mentah, sangat rentan terpapar bakteri, bahan kimia, dan lain sebagainya. Maka dari itu, para pakar menyarankan bahan makanan harus dicuci hingga bersih dan diolah dengan benar (matang).

Apalagi bagi ibu hamil yang sistem imunnya cenderung menurun. Maka akan sangat membahayakan jika sering mengonsumsi makanan mentah.

Berita Terkait

Berita Terkini