Info

Kapan Waktu Terbaik Berolahraga?

Olahraga penting dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Tapi kapan waktu terbaik untuk berolahraga?

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

joging (verywell fit)
joging (verywell fit)

Himedik.com - Olahraga penting kamu lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Tak perlu rumit, olahraga ringan seperti berlari-lari kecil di halaman rumah juga bisa kamu lakukan.

Masalahnya adalah, adakah waktu efektif untuk berolahraga?

Sebenarnya tidak ada penelitian yang menyebutkan kapan waktu terbaik untuk berolahraga. Namun, waktu yang kamu pilih bisa memengaruhi perasaan yang kamu alami. Misalnya, hari ini kamu memilih olahraga di pagi hari dan keesokan harinya sore hari.

Nah, dari kedua waktu yang kamu pilih tentu perasaan yang kamu rasakan berbeda bukan? Saat pagi udara terasa begitu segar. Kamu pun menjadi semakin bersemangat karena di waktu pagi pula otak melepaskan hormon endorfin.

Sedangkan sore hari, perasaan kamu akan cenderung rileks karena sekaligus melepas penat setelah seharian beraktivitas. Tetapi jika kamu masih bingung menentukan waktu untuk berolahraga, ada baiknya untuk memerhatikan ritme sirkadian tubuh.

menentukan waktu (mexperience)
menentukan waktu (mexperience)

Apa itu ritme sirkadian? Merupakan jam biologis pengatur siklus yang ada di tubuh manusia. Termasuk waktu bangun dan tidur.

Maksudnya, jika kamu terbiasa tidur sebelum jam 10 maka ritme sirkadian mengikuti pola tidur tersebut. Perlu kamu tahu juga, bahwa ritme sirkadian berpengaruh pada tekanan darah, detak jantung, suhu tubuh, dan hormon.

Jadi, mau pagi atau sore sebenarnya sama saja. Tinggal kamu sesuaikan saja dengan aktivitas sehari-hari dan ritme sirkadian tubuh. Jangan lupa juga menentukan waktu yang kamu butuhkan untuk olahraga.

Minimal lakukan olahraga selama kurang lebih 30 menit agar kamu mendapatkan hasil maksimal dan kesehatan tubuhmu terjaga. Terakhir, lakukan olahraga secara rutin.

Berita Terkait

Berita Terkini