Info

Mitos dan Fakta Seputar Kandung Kemih yang Perlu Kamu Tahu

Kandung kemih bisa menampung urin sebanyak dua cangkir.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi menahan kencing. (pixabay/Zorro4)
Ilustrasi menahan kencing. (pixabay/Zorro4)

Himedik.com - Kandung kemih merupakan organ yang berfungsi untuk menampung urin. Ketika penuh, ujung saraf akan mengirim sinyal ke otak untuk buang air kecil. Berikut telah dirangkum mengenai mitos dan fakta seputar kandung kemih.

1. Kandung kemih dapat menampung urin sebanyak dua cangkir

Banyak orang merasa jengkel ketika harus buang air kecil di saat yang tidak tepat. Eits, sebelum jengkel ketahuilah bahwa kandung kemih bisa menampung urin hingga sebanyak 2 cangkir dan menahannya hingga 5 jam lamanya lho.

2. Setiap orang buang air sebanyak 6 hingga 8 kali sehari

Jika kamu jarang buang air, mungkin perlu minum lebih banyak air. Sebaliknya, kalau sering buang air, mungkin kamu terlalu banyak minum. Termasuk minuman berkafein yang dapat membuat metabolisme meningkat.

3. Menahan kencing terlalu lama bisa membuat kandung kemih pecah

Hal ini hanya mitos karena kandung kemih sangat kuat. Namun, jangan menahannya jika memang merasa ingin buang air kecil karena menahan kencing dapat menyebabkan infeksi saluran kemih terutama pada wanita.

4. Makan tomat dapat membuat kandung kemih iritasi

Makanan dengan kadar asam tinggi, seperti tomat, stroberi, dan buah jeruk, dapat mengiritasi kandung kemih. Selain itu, alkohol, kafein, cokelat, rempah-rempah, minuman berkarbonasi, makanan asinan, dan pemanis buatan juga dapat memperburuk keadaan.

5. Kandung kemih lebih cepat penuh seiring bertambahnya usia

Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan lebih sedikit hormon yang berperan dalam membantu menahan cairan sehingga kandung kemih tidak dapat menampung cairan sebanyak yang biasanya. Maka dari itu cobalah mengurangi minum sekitar 2 jam sebelum tidur jika tidak ingin terbangun di tengah malam untuk buang air.

Itulah lima fakta dan mitos kandung kemih yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini