Info

Saran WHO, Lakukan 6 Aktivitas Fisik Ringan Ini agar Tetap Bugar

Meski bukan olahraga berat, aktivitas fisik ringan juga bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi yoga, duduk di lantai. (Pexels/ Valeria Ushakova0
Ilustrasi yoga, duduk di lantai. (Pexels/ Valeria Ushakova0

Himedik.com - Standar baru kebugaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini bukan hanya soal imbauan berolahraga, namun juga bergerak dengan sederhana. Hal ini disebabkan karena sejak tahun 2010 WHO memperbarui pedoman tentang aktivitas fisik mereka. 

Melansir dari Bustle, berikut beberapa kegiatan santai namun bisa setara dengan aktivitas fisik yang disarankan WHO, antara lain:

1. Aktivitas Fisik saat Duduk

Agar lebih inklusif untuk penyandang disabilitas, WHO menghitung aktivitas yang Anda lakukan sambil duduk sebagai gerakan untuk kesehatan. Hal ini bisa termasuk yoga kursi atau sesi video game.

2. Sedikit Menari

Hanya punya sedikit waktu dan energi untuk menari dengan lagu favorit Anda juga bisa dihitung olahraga oleh WHO. Gerakan menari harus bertahan setidaknya 10 menit untuk setara dengan olahraga.

Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)
Ilustrasi gerakan peregangan. (Pexels)

3. Angkat Beban

Mengangkat beban ringan sering kali dianggap tidak cukup sebagai olahraga karena tidak meningkatkan detak jantung Anda seperti berlari. Tapi WHO merekomendasikan sesi latihan beban ringan setidaknya dua kali seminggu.

4. Latihan Keseimbangan

Daripada sering bergerak secara fisik, pedoman WHO menyarankan untuk melakukan latihan keseimbangan sebagai komponen penting dari kebugaran terutama untuk orang yang lebih tua.

5. Jalan-jalan Santai

Anda dapat berjalan-jalan santai atau berjalan kaki sebagai bagian dari program olahraga.

Jika gagasan berolahraga antara 150 dan 300 menit per minggu terlalu berat, Anda dapat meningkatkan intensitas dan melakukan lebih dari satu atau dua jam total olahraga atau aktivitas fisik per minggu.

Berita Terkait

Berita Terkini