Pria

Banyak Pria Laporkan Disfungsi Ereksi selama Pandemi, Apa Penyebabnya?

Ahli urologi telah memperhatikan peningkatan disfungsi ereksi pada orang-orang dari segala usia selama pandemi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi pria alami disfungsi ereksi (Medical News Today)
Ilustrasi pria alami disfungsi ereksi (Medical News Today)

Himedik.com - Pakar meyebutkan bahwa selama pandemi, lebih banyak orang yang mengalami masalah disfungsi ereksi. Hal ini disebabkan kerena stres dan terlalu sering duduk atau tidak aktif secara fisik. 

"Ketika kondisi seperti disfungsi ereksi sangat erat kaitannya dengan gaya hidup, saya bisa membayangkan angka itu akan naik (akibat pandemi)," kata Dr. Premal Patel, seorang ahli urologi yang berbasis di Miami, kepada Insider.

Melansir dari Insider, semakin tidak aktif seseorang, semakin besar kemungkinan mereka menambah berat badan dan mengembangkan masalah jantung. Karena ereksi memerlukan peningkatan aliran darah ke penis, jantung dan kondisi terkait berat badan yang mengacaukan tekanan darah dapat berdampak negatif pada fungsi seksual.

Menurut ahli urologi California Dr. Aaron Spitz, peningkatan stres telah membuat lebih banyak ereksi.

"Saya melihat lebih banyak pria datang dengan disfungsi ereksi terkait stres. Pandemi adalah situasi yang sangat membuat stres dan stres memengaruhi kemampuan kita untuk melakukan hubungan seksual," kata Spitz.

Ilustrasi disfungsi ereksi (Pixabay/derneumann)
Ilustrasi disfungsi ereksi (Pixabay/derneumann)

Peningkatan kecemasan dan depresi juga bisa berperan dalam memicu masalah disfungsi ereksi. Patel mengatakan, keduanya pun berkontribusi pada risiko disfungsi ereksi, terutama untuk pria berusia 20-an dan 30-an.

Penelitian sebelumnya menunjukkan orang dengan kecemasan dan depresi lebih mungkin mengembangkan disfungsi ereksi daripada mereka yang tidak memiliki masalah kesehatan mental.

Meskipun peneliti belum mengungkap mengapa kesehatan mental berdampak pada ereksi, jelas bahwa keadaan psikologis seseorang merupakan faktor utama dalam kepuasan seksual.

Berita Terkait

Berita Terkini