Wanita

Benarkah Face Mist Punya Efek Positif Pada Kulit?

Kalau mau beli face mist, perhatikan bahan -bahan ini dulu ya.

Stephanus Aranditio | Yuliana Sere

Benarkah Face Mist Punya Efek Pada Kulit?. (dewiku.com)
Benarkah Face Mist Punya Efek Pada Kulit?. (dewiku.com)

Himedik.com - Face mist merupakan salah satu produk perawatan wajah yang praktis. Produk ini tengah digandrungi oleh banyak millennials karena manfaatnya yang katanya bisa melembapkan kulit wajah.

Namun benarkah face mist memiliki efek positif pada kulit? Dilansir dari self, tidak semua face mist baik untuk kulit.

''Penelitian telah menunjukkan face mist dapat meningkatkan hidrasi dengan mikrodroplet air yang menembus area di antara sel-sel kulit,'' Jaimie Glick, MD, seorang dokter kulit di Marmur Medical Center di New York City dan asisten profesor dermatologi klinis di Weill Cornell Medical School.

Tetapi agar efektif, face mist harus mengandung bahan humektan. Carilah bahan utama seperti asam laktat, gliserin, dan asam hyaluronic.

Humektan ini menyerap kelembapan dan membantu menahannya di kulit. Dr Glick mengatakan beberapa face mist juga memiliki bahan oklusif, termasuk petrolatum, dimetikon atau minyak mineral yang dapat menyegel air.

Benarkah Face Mist Punya Efek Pada Kulit?. (dewiku.com)
Benarkah Face Mist Punya Efek Pada Kulit?. (dewiku.com)

Produk ini juga dapat menghaluskan kulit untuk sementara dan meminimalkan tampilan dari setiap garis atau tekstur yang tidak rata, memberikan kulit penampilan yang lebih bagus.

Produk face mist yang mengandung ekstrak lidah buaya dan pohon teh juga bagus untuk kulit.

Jika face mist mengandung humektan dan bebas-oklusif, kata Dr. Glick, mungkin saja semprotan itu justru membuat kulitmu kering bukan melembapkannya.

"Meskipun ini mungkin terasa 'menyegarkan', jika tidak ada humectants, kulit mungkin tidak dapat menahan kelembaban," katanya.

"Air dapat menguap dari kulit dan benar-benar membuatnya lebih kering." Itu adalah efek berlawanan dari yang kamu cari. Bahan lain yang harus diperhatikan adalah alkohol, yang dapat mengeringkan dan mengiritasi berbagai jenis kulit, menurut Dr. Glick.

Meskipun produk kecantikan ini sangat bagus untuk merias wajah, semprotan face mist tidak dimaksudkan diberikan setiap hari, apalagi bagi kamu yang sudah menggunakan makeup.

Pasalnya bahan yang sama yang terkandung di kosmetik sudah bertindak seperti masker di atas kulit. “Ketika kulit tidak bisa bernapas, pori-pori sering menjadi tersumbat dan menyebabkan produksi minyak berlebih,” kata Dr. Glick.

Berita Terkait

Berita Terkini