Wanita

5 Kelebihan Operasi ERACS untuk Melahirkan, Apa Keunggulannya?

Banyak artis seperti Nagita Slavina, Tasya Kamila hingga Felicya Angelista melahirkan dengan metode operasi caesar metode ERACS.

Rendy Adrikni Sadikin

Ilustrasi melahirkan. (Shutterstock)
Ilustrasi melahirkan. (Shutterstock)

Himedik.com - Banyak artis seperti Nagita Slavina, Tasya Kamila hingga Felicya Angelista melahirkan dengan metode operasi caesar metode ERACS, yang membuat ibu melahirkan pulih lebih cepat, bahkan dalam hitungan jam.

Enhanced Recovery After Surgery atau operasi ERACS adalah metode yang dihadirkan untuk mempercepat proses penyembuhan pasien bedah jalan pada saat, sebelum, saat, dan setelah melahirkan.

Seperti gembar-gembornya, metode ERACS memang ditujukan untuk meminimalkan respons fisiologis dan rasa sakit selama masa operasi hingga setelahnya.

Ilustrasi bayi baru lahir setelah operasi caesar ERACS. (Unsplash/Aditya Romansa)
Ilustrasi bayi baru lahir setelah operasi caesar ERACS. (Unsplash/Aditya Romansa)

"Pelaksanaan metode ERACS dapat memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pergerakan dengan bebas lebih cepat dan bisa pulang dengan buah hati lebih cepat. Metode ini menggunakan serangkaian teknik pembiusan juga pemberian obat pereda nyeri dan kumpulan dokter spesialis dalam membantu Anda untuk bisa merasa pulih lebih cepat," ujar Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Eka Hospital BSD, dr. Dewi Ratih Hendarto Putri, Sp.OG, MSi.Med melalui keterangan yang diterima suara.com, Sabtu (14/1/2023).

Sehingga tidak ada lagi tuh ibu melahirkan operasi caesar dilarang terlalu banyak bergerak 12 hingga 24 jam setelah kelahiran bayi.

Berikut ibu sederet keunggulan operasi Caesar, menurut dr. Dewi yang bisa jadi bahan pertimbangan:

1. Mempersingkat Waktu Puasa

Metode ERACS dapat mempersingkat waktu berpuasa Anda sebelum memulai proses operasi. Anda hanya perlu melakukan puasa makan selama 6 jam dan puasa minum selama 2 jam sebelum proses operasi dilakukan. Dengan itu, kenyamanan ibu untuk menikmati makanan ataupun cemilan bisa dilakukan dengan lebih lama.

2. Dapat Bergerak Bebas Lebih Cepat

Operasi ERACS juga memungkinkan ibuuntuk bisa bergerak dan kembali beraktivitas lebih cepat ketimbang dengan metode caesar lainnya. Ini dikarenakan pelepasan obat infus dan kateter bisa dilepas lebih cepat, dan ibu juga bisa langsung mencoba menyusui si kecil.

3. Mengurangi Risiko Pasca Operasi

ERACS juga dapat menurunkan risiko yang bisa terjadi pasca operasi, seperti infeksi, kelelahan, mual, dan sembelit. Dengan begitu, ibi bisa langsung bermain dengan buah hati tanpa harus merasakan sakit.

Proses Persiapan Operasi ERACS

Dalam proses pelaksanaan ERACS, dokter akan menyiapkan serangkaian hal yang harus dilakukan mulai dari persiapan hingga proses pelaksanaan operasi ERACS. Sebelum memulai proses persalinan, dokter akan meminta ibu sebagai pasien untuk berpuasa makan selama 6 jam sebelum operasi dimulai.

Namun menjelang 2 jam sebelum proses operasi, dokter akan meminta pasien untuk meminum cairan atau minuman mengandung gula untuk memenuhi kebutuhan sumber energi pada saat operasi berjalan nanti.

Kemudian dokter anestesi akan memilih jenis obat anestesi yang dirasa diperlukan untuk mempercepat pemulihan pasien, serta melakukan anestesi dengan suntikan jarum spinal yang berukuran sangat kecil sehingga pasien tidak terlalu merasakan nyeri selama proses anestesi, baik pada saat dan pasca operasi.

Setelah dokter anestesi selesai memberikan obat bius, dokter kandungan akan segera melakukan proses persalinan dengan optimal dan cepat sehingga bunda tidak akan merasakan rasa tidak nyaman terlalu lama. Dokter anestesi juga akan ikut mengawasi proses pasca operasi persalinan untuk melihat perkembangan dan respon pasien sehingga proses pemulihan akan dipastikan menjadi lebih singkat.

Berita Terkait

Berita Terkini