Info

Kenapa Vena Tampak Menonjol dan Terlihat Jelas?

Perhatikan kondisi lain yang mungkin terjadi

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kenapa Vena Tampak Menonjol dan Terlihat Jelas? (Instagram/@phlebolog.spb.ru)
Kenapa Vena Tampak Menonjol dan Terlihat Jelas? (Instagram/@phlebolog.spb.ru)

Himedik.com - Kamu pasti pernah memerhatikan urat yang terlihat menonjol dan tampak jelas pada kulit. Pada umumnya para pria-lah yang paling sering memilikinya.

Namun tidak sedikit juga wanita memiliki penampilan ini. Jika pembuluh darah vena terlihat dan kamu tidak mengetahui mengapa hal ini terjadi, jangan khawatir.

Vena yang menonjol kadang-kadang memberitahu kita tentang masalah kesehatan tertentu, tetapi dalam banyak kasus, urat ini memiliki penyebab alami yang tidak berbahaya bagi kesehatan.

Dilansir dari Bright Side, ini beberapa alasan kenapa vena menonjol dan terlihat jelas.

1. Normal untuk jenis kulitmu

Orang dengan kulit yang lebih cerah cenderung memiliki vena yang terlihat daripada mereka yang berkulit gelap.

Kulit tipis juga bisa menjadi alasan. Seiring bertambahnya usia, lapisan lemak di bawah kulit menjadi lebih tipis. Inilah sebabnya mengapa orangtua sering memiliki pembuluh darah menonjol di tangan, kaki dan bagian tubuh lainnya.

Kenapa Vena Tampak Menonjol dan Terlihat Jelas? (Instagram/@Wilkentpang)
Vena yang menonjol. (Instagram/@Wilkentpang)

2. Vena bisa menonjol setelah berolahraga

Ini adalah hal normal. Ketika kamu bekerja, vena membengkak dan mendorong pembuluh darah ke permukaan kulit sehingga terlihat.

Setelah berolahraga, otot-otot menarik kembali dan pembuluh darah menjadi kurang terlihat.

3. Masa kehamilan

Vena yang muncul saat masa kehamilan tidak perlu dikhawatirkan. Volume darah wanita hamil lebih tinggi sehingga pembuluh darah ini berusaha mengimbangi peningkatan jumlah darah.

Ini juga bertujuan untuk menyehatkan janin. Jadi jika kamu memiliki ini saat hamil, jangan khawatir sebab urat ini akan hilang setelah kamu melahirkan.

4. Lemak tubuh rendah

Lemak tubuh yang rendah juga bisa menjadi alasan kenapa urat ini terlihat. Orang kurus memiliki lapisan tipis lemak di bawah kulit dan lapisan ini tidak dapat sepenuhnya menutupi pembuluh vena yang membuatnya lebih menonjol.

Kenapa Vena Tampak Menonjol dan Terlihat Jelas? (Instagram/@pt_danny_arnold)
Vena yang menonjol. (Instagram/@pt_danny_arnold)

5. Segera periksa ke dokter

Dalam banyak kasus, vena yang disertai dengan gejala lain seperti nyeri dada, sesak napas, bisul dekat vena atau vena yang bengkak, maka kamu harus segera ke dokter.

Gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh masalah kesehatan seperti varises, tromboflebitis, dan penyakit vena, dan mereka tidak boleh diabaikan.

Coba cek, apakah kamu memiliki pembuluh darah vena yang menonjol?

Berita Terkait

Berita Terkini