Info

Mau Turunkan Berat Badan? Lakukan 5 Aktivitas Harian Berikut

Ada beberapa aktivitas harian yang mungkin membantu menurunkan berat badan, berikut rinciannya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

<p>Ilustrasi timbangan - (Shutterstock)</p>

Ilustrasi timbangan - (Shutterstock)

Himedik.com - Proses penurunan berat badan mungkin terlihat menyulitkan, padahal usaha yang satu ini bisa dilakukan dengan dengan aktivitas sehari-hari Anda. Dalam hal ini, berbagai perubahan kebiasaan kecil dalam keseharian Anda mungkin bisa sedikit membantu menurunkan berat badan.

Melansir dari Insider, berikut beberapa aktivitas harian yang mungkin membantu menurunkan berat badan, antara lain:

1. Minum Banyak Air

Jika Anda tidak minum cukup air, tubuh Anda bisa bingung antara rasa lapar dengan haus. "Inilah mengapa menambah asupan air bisa berdampak besar pada seberapa banyak Anda makan di siang hari," kata Lisa Moskovitz, RD, CEO dan pendiri NY Nutrition Group.

2. Konsumsi Lemak Sehat

Meskipun lemak sering kali merupakan kelompok makanan yang dihindari saat diet, namun lemak dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Whitney Stuart, RD, pemilik Whitness Nutrition mengatakan bahwa konsumsi lemak terbaik adalah memilih lemak tak jenuh yang kaya nutrisi. Lemak ini dikenal sebagai lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang bisa ditemukan dalam alpukat, zaitun, kacang-kacangan, dan ikan berlemak seperti salmon.

3. Tidur Lebih Banyak

Kurang tidur dapat meningkatkan tingkat stres Anda yang dapat meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan.

"Ketika Anda tidak cukup tidur, kadar hormon stres kortisol Anda meningkat," kata Stuart.

Stuart menambahkan bahwa kurang tidur juga dapat menghalangi penurunan berat badan karena semakin sedikit Anda tidur, semakin lama Anda terjaga dan semakin banyak waktu yang tersedia untuk makan. Dia merekomendasikan untuk tidur setidaknya tujuh jam setiap malam.

Ilustrasi Tidur Cukup. (Shutterstock)
Ilustrasi Tidur Cukup. (Shutterstock)

4. Sarapan 

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa melewatkan sarapan dikaitkan dengan risiko yang lebih besar untuk obesitas, diabetes, dan kolesterol tinggi. Sedangkan pemakan sarapan sering kali dapat mempertahankan berat badan yang lebih sehat.

5. Perbanyak Konsumsi Serat

Makan banyak serat bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Untuk mendapatkan lebih banyak serat, para ahli merekomendasikan makan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Berita Terkait

Berita Terkini