Info

Waspadai Warna Lidah Kuning, Bisa Jadi Tanda 5 Kondisi Kesehatan Ini!

Beberapa masalah kesehatan bisa menyebabkan warna lidah menjadi kuning.

Shevinna Putti Anggraeni

llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)
llustrasi lidah. (Pixabay/offthelefteye)

Himedik.com - Kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut menjadi kunci utama dari semua penyakit dari dalam tubuh. Beberapa masalah kesehatan pun bisa mennyebabkan perubahan pada area gigi, gusi hingga warna lidah.

Dalam hal ini, lidah kuning bisa menunjukkan kondisi mendasar yang lebih serius. Tapi, kebanyakan orang sering mengabaikan perubahan warna lidah tersebut.

Lidah bisa berwarna kuning itu bisa disebabkan oleh lidah kita yang selalu bersentuhan dengan sejumlah zat setiap hari, sehingga bisa meninggalkan rona kuning di lidah.

Dr Paul Ettlinger, GP di The London General Practice mengatakan ada beberapa kemungkinan penyebab lidah seseorang terlihat kuning, termasuk kebersihan mulut yang buruk, merokok tembakau, sariawan, penggunaan obat kumur dan beberapa orang lainnya, seperti antibiotik, lansoprazole, garam bersi dan pengencer darah.

"Bernapas melalui mulut juga bisa menyebabkan lidah menguning," kata Dr Paul dikutip darri Express.

Ilustrasi lidah (shutterstock)
Ilustrasi lidah (shutterstock)

Berikut ini, beberapa hal yang bisa menyebabkan lidah berwarna kuning.

1. Kebersihan mulut yang buruk

Membersihkan mulut 2 kali sehari selama 2 menit bisa membantu mencegah Anda memiliki lidah berwarna kuning. Karena, lupa menyikat gigi, flossing dan berkumur secara teratur bisa menyebabkan zat makanan terperangkap di mulut Anda.

Partikel makanan yang terperangkap akan menjadi sarang bakteri pelepas pigmen yang bisa mengubah warna lidah Anda menjadi kuning lebih cepat.

Umumnya, lidah berwarna kuning tidak akan menyebabkan rasa sakit. Karena, kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang terperangkap di lidah, gigi dan gusi Anda.

2. Mulut kering dan pernapasan mulut

Dr Paul Ettlinger mengatakan mulut kering bisa mengurangi produksi air liur yang mengakibatkan risiko pertumbuhan bakteri yang berlebihan.

Bakteri dan partikel makanan tetap berada di lapisan lidah, karena air liur membantu membersihkan bakteri ekstra di permukaan lidah.

Kerusakan gigi, bau mulut dan lidah yang menguning semuanya dapat disebabkan oleh mulut kering. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang menderita sindrom siorgen, diabetes, radiasi, kemoterapi, pilek dan flu.

3. Minum obat yang mengandung bismut

Menurut situs medis Healthline, Pepto-Bismol dan obat-obatan yang mengandung bismut lainnya telah terbukti menyebabkan lidah kuning. Bahan ini biasanya ditemukan dalam obat-obatan gastrointestinal.

Ketika bismut bereaksi dengan belerang di mulut, itu bisa meninggalkan noda kuning di lidah. Bahkan, bismut bisa meninggalkan rona oranye atau hitam di lidah karena reaksi belerang.

4. Minum obat kumur yang mengandung zat pengoksidasi

Obat kumur yang mengandung peroksida, witch hazel atau mentol juga bisa mengubah warna lidah Anda. Obat kumur ini bisa meninggalkan rona kuning pada lidah.

5. Asap tembakau

Kebiasaan merokok tembakau dan kebersihan mulut yang buruk bisa meninggalkan noda kuning pada lidah.

Asap tembakau tidak hanya akan mengurangi keputihan gigi Anda, tetapi bahan kimia akan membuat lidah Anda menjadi lebih kuning.

Berita Terkait

Berita Terkini