Info

Jaga Pola Tidur, 4 Asupan Berikut Bisa Berpengaruh

Beberapa asupan berikut bisa memengaruhi kualitas tidur, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi tidur - (Pixabay/Olichel)
Ilustrasi tidur - (Pixabay/Olichel)

Himedik.com - Pola makan yang tak sehat bisa mengganggu pola tidur Anda yang berkualitas.

Melansir dari Mdlinx, kualitas dan kuantitas makanan yang kita makan berdampak pada kualitas dan kuantitas tidur. Faktanya, beberapa kebiasaan makan yang umum menyebabkan tidur lebih buruk.

Berikut beberapa rinciannya, antara lain:

1. Tidur dan makan berlebihan

Makan berlebihan dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih buruk. Hal ini dinyatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association (JAHA).

2. Kafein dan gula

Studi JAHA yang disebutkan di atas menunjukkan hubungan serupa antara kualitas tidur yang lebih buruk dan konsumsi kafein dan gula.

Kualitas tidur yang lebih buruk ditemukan sejalan dengan asupan kafein dan gula tambahan yang lebih tinggi. Hasilnya serupa dengan penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa asupan permen dan minuman manis cenderung berkorelasi dengan kualitas tidur yang buruk.

Seorang perempuan minum susu. [shutterstock]
Seorang perempuan minum susu. [shutterstock]

3. Lemak tak jenuh dan produk susu

Studi JAHA juga menyatakan bahwa mengonsumsi produk susu dan makanan tinggi lemak tak jenuh memengaruhi pola tidur ke arah positif. Para peneliti menyatakan bahwa kualitas tidur yang lebih buruk dikaitkan dengan tingkat konsumsi susu yang lebih rendah. 

Penulis juga menyebut bahwa asupan lemak tak jenuh meningkatkan kualitas tidur. 

4. Biji-bijian

Penulis studi JAHA menemukan bahwa asupan biji-bijian yang lebih rendah dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih buruk. Orang dengan kekurangan asupan biji-bijian lebih banyak kesulitan tidur.

Berita Terkait

Berita Terkini