Info

Yuk Belajar Tai Chi, Selain Buat Bela Diri Juga Baik untuk Kesehatan Mental

Tai chi aadalah seni bela diri terkanal yang ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan mental.

Fita Nofiana

Olahraga Tai Chi. (honorshaven.com)
Olahraga Tai Chi. (honorshaven.com)

Himedik.com - Seni bela diri khas Tiongkok, yakni Tai Chi terhubung dengan Taoisme. Seni bela diri ini berfokus pada keseimbangan kebutuhan dan pengalaman fisik dan spiritual. 

Melansir dari Bustle, Tai Chi melibatkan sinkronisasi napas dalam-dalam dengan serangkaian gerakan fisik yang dimaksudkan untuk menjaga otot-otot Anda tetap rileks. 

"Bergantung pada gaya Tai Chi, kecepatan gerakan dapat bervariasi, tetapi kesamaan antara gaya adalah bahwa gerakannya relatif lembut dan berdampak rendah," jelas Prentiss Rhodes, pelatih pribadi bersertifikat National Academy of Sports Medicine (NASM) dan spesialis latihan korektif. 

"Tai Chi adalah kombinasi dari latihan dan meditasi kesadaran," kata Rhodes.

Sifat meditatif Tai Chi dikombinasikan dengan pernapasan dalam dan visualisasi yang terlibat dalam latihannya mungkin memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Menurut sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies, berlatih Tai Chi secara konsisten tidak hanya membuat Anda merasa lebih tenang pada tapi juga mengembangkan keterampilan manajemen stres yang lebih baik.

"Meditasi menantang Anda untuk mencapai keadaan relaksasi dan untuk sepenuhnya terlibat dalam lingkungan Anda sendiri tanpa penilaian," kata Rhodes kepada Bustle

"Ini dapat mengubah persepsi Anda tentang hal-hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari Anda, termasuk membantu mengelola beberapa perasaan terkait stres yang menantang itu," imbuhnya. 

Karena Tai Chi menenangkan sistem saraf dan meningkatkan kadar endorfin, Rhodes menjelaskan bahwa latihan teratur dapat meningkatkan energi dan kebahagiaan sekaligus mengurangi tingkat stres Anda.

Melakukan rutinitas Tai Chi yang konsisten juga dapat mengurangi gejala depresi. Hal ini dinyatakan pada sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam The American Journal of Physical Medicine and Rehabilitation. Tai Chi juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. 

Berita Terkait

Berita Terkini